Nyobain Strawberry Putih Jepang

Hai temen-temen, apa kabarnya nih?

Udah lama banget ngga ngeblog nih. Dan di kesempatan kali ini saya kupas tuntas tentang stroberi putih jepang yang harganya selangit. Apakah harganya sesuai sama rasanya? Ayo kita bahas.


Informasi Produk

    Stroberi yang saya beli itu Nara Strawberry Lab (奈良いちごラボ). Sesuai namanya ini adalah produk dari Prefektur Nara. Di sini ada tiga macem stroberi yaitu stroberi merah Kotoka (古都華), si pink Awayuki (淡雪) dan stroberi putih super langka Pearl White (パールホワイト). Satu dus ada 2 pak dan masing-masing pak isinya 4 butir Kotoka, 3 butir Awayuki dan 4 butir Pearl White. Total satu dus sekitar 500 gram. Nah kaya gini nih packingnya.



Cantik banget yak keliatannya. Dan kalo plastiknya dilepas makin cakep lagi keliatannya.



    Untuk harganya sendiri, satu dus kalo di Jepang sih sekitar 6.000-15.000 Yen (Rp. 700.000 - 1.800.000) tergantung tipe produknya sih, ini saya cek di internet. Nah ini saya beli di Indonesia dari importir buah di Jakarta (Ig: @freshfruit 10). Tau lah ya kalo udah ke Indonesia ada ongkir, bea cukai, keuntungan penjual, dll, jadi harganya pasti lebih mahal dari harga termahal di Jepang hehe. Tapi karena handlingnya bagus terus ga ada lecet, worth it lah kalo dari segi kualitas buahnya (rasa nanti dibahas).

    Oya untuk ukuran buahnya itu sekitar 5 cm, sekitar 3 jari lah. Kalo bobotnya ga nimbang sih hehe. Ya kalo 1 pak 270 g ada 11 butir berarti per butir sekitar 24-25 gram. Ukurannya segini nih.




Ok untuk stroberi yang saya beli ini langsung kita bahas satu per satu kuy..
Eh disclaimer dulu ya. Ini review dari apa yang saya beli, ketika temen-temen beli mungkin rasa, aroma, dll bisa aja beda. 


Kotoka

    Stroberi merah yang didaftarkan sebagai varietas baru tahun 2011 ini punya rasa asam dan manis yang menurut saya lumayan balance. Level kemanisan stroberi ini ada disekitar 12 briks (12 gram gula dalam 100 gram air pada suhu 20°C). Lebih manis sih dari stroberi lokal. 

    
    Kalo aroma sendiri, agak kurang kecium aroma stroberinya sih. Saya kira yang merah lebih beraroma ternyata kebalik yang putih yang paling kuat. Kalo dari tampilan sendiri warnanya merah pekat dan bijinya kekuningan. Pas dibelah tengahnya putih dan berongga. Info lebih lanjut tentang varietas bisa klik di sini dan satu lagi di sini.

Tampilan                Merah pekat dengan biji kekuningan     
Tekstur      Cukup chruncy dan tidak lembek
Rasa      Asam manis dengan nilai briks 12%
Aroma      Kurang kuat


Awayuki

    Awayuki merupakan stroberi pink yang resmi rilis tahun 2013 dan merupakan varietas mutasi dari Sagahonoka. Dari namanya yang artinya salju pucat, udah ketauan kalo warnanya ngga putih banget tapi agak kemerah-merahan dengan biji merah yang masuk ke dalam daging buah. Tampilannya unik dan cute sih menurut saya.
    Untuk rasanya sendiri cenderung manis di 12 % briks dan nyaris ngga ada asemnya. Teksturnya sendiri lumayan lembut dan lebih berair dari Kotoka. Aromanya stroberinya lumayan kuat. Info lebih lanjut tentang Awayuki bisa dilihat di sini dan di sini.

Tampilan                Pink dengan biji merah yang masuk ke dalam daging buah     
Tekstur      Lembut dan cukup berair     
Rasa      Cenderung manis dengan level kemanisan sekitar 12%     
Aroma      Cukup kuat     


Pearl White

    Last one, kita punya yang paling langka nih Pearl White. Stroberi ini dirilis tahun 2015 jadi masih lumayan baru kemunculannya. Sesuai namanya, mutiara putih, stroberi ini warnanya putih luar dalam. Untuk bagian luarnya ada semu-semu pink khas mutiara dan biji merah yang timbul di permukaan buah. Pas saya buka paket, bau stroberi kuat langsung kecium dan ga disangka-sangka justru itu aromanya dari stroberi varietas ini guys. Sampe-sampe pas saya taro kamar, keluar sebentar, masuk kamar lagi kecium bau stroberi. Luar biasa sih aromanya.
    Nah rasanya sendiri jujur ngga lebih manis dari Kotoka dan Awayuki, padahal aromanya kuat banget. Agak njomplang memang aroma dan rasanya. Meskipun begitu ngga asem juga guys. Terus ada rasa lain yang bukan stroberi. Liat di youtube banyak yang bilang kaya pir atau peach (ngga pernah makan peach jadi ga tau rasanya). Manisnya ada dikisaran 10-12 % briks. Kalo tekstur cenderung lembut dan berair. Penasaran sama varietas ini, kuy kepoin di sini dan di sini.


Tampilan                Putih dengan biji merah yang timbul di permukaan     
Tekstur      Lembut dan cukup berair
Rasa      Keasaman rendah, cukup manis 10-12% briks
Aroma      Aroma khas stroberi yang sangat kuat


Kesimpulan

    Kalau menurut saya sebagai penyuka rasa manis, dari segi harga jujur kurang worth it karena ngga manis-manis amat dibanding stroberi merah, bukan yang lokal tapi ya. Mahalnya menurut saya karena langka dan tampilannya unik, cute, dan instagramable banget hehe. Rasanya juga agak beda khususnya yang putih. 
    Meskipun gitu saya seneng sih bisa nyobain 3 varian stroberi sekali beli, karena kalo beli satu satu bakal lebih banyak duit keluar lagi hehe soalnya kalo dari importir biasanya ngga jual per pack tapi per dus/karton. 
    Stroberi yang saya beli juga bisa nambah koleksi teneman saya (tujuan utama sih sebenernya hehe) meskipun ngga bisa dijual bibitnya atau dikomersialkan karena ada undang-undah perbenihan di Jepang (lihat di Q. 問1) yang ngelarang budidaya komersial varietas terdaftar tanpa izin. 


Oke sekian review stroberi dari saya, semoga tidak puas dan terus gali informasi.
Kita ketemu lagi di pembahasan yang lain.

Comments

Post a Comment