Kursus Bahasa Jepang di Bogor

 2018年 1月 19日
Assalamualaikum wr. wb.
Salam kenal

Kali ini saya akan berbagi informasi seputar kursus bahasa Jepang di Bogor. Bagi kalian yang suka tentang Jepang atau ingin studi ke Jepang, kemampuan berbahasa Jepang adalah salah satu nilai tambah untuk kalian.

To the poin saja, dimana saya bisa kursus bahasa Jepang di Bogor dan sekitarnya?

Sebelumnya karena ingin tau, saya sempat survei ke beberapa lembaga penyelenggara kursus bahasa Jepang seperti Kukche Languages, El Rahma, Pusat Pelatihan Bahasa IPB dan Lembaga Bahasa Internasional UI.


1. KUKCHE LANGUAGES

Berikut ini rangkuman info yang saya dapatkan :

- Ada beberapa level bahasa Jepang di sana mulai dari yang dasar sampai level mahir.

- Ketika saya survei, ada pembukaan level 1 dan level 2. Sebelum ikut kursus akan ada placement test dulu untuk tau kita ada di level mana. Sayang kan kalau sudah punya basic tapi masih ngulang dari level 1.

- Pengajar merupakan alumni sastra Jepang yang sudah berpengalaman dan masih muda (20 tahunan) jadi nanti suasananya ngga terlalu kaku.

- Buku yang dipakai adalah buku Genki keluaran Japan Foundation, buku standar internasional untuk belajar bahasa Jepang.

- Ada sertifikat belajar.

- Biaya. Ini nih yang sangat krusial hehe.

Untuk level 1 reguler, biayanya Rp. 4.300.000 dengan durasi 80 jam belajar, 3 kali dalam satu pekan kalau tidak salah, total belajar 5-6 bulan dan biasanya kelas dimulai malam. Biaya udah termasuk modul dan belajar dari awal sampai selesai, bukan angsuran per bulan.

Untuk level 2 reguler akan dipecah menjadi level 2.1 dan 2.2 dengan biaya Rp. 3.500.000 per sublevel. Masing-masing sublevel (2.1 dan 2.2) memiliki durasi belajar sebanyak 45 jam.

Untuk informasinya lebih lanjut silakan datang ke dua lokasi kursus lokasi yang ada di Jl. Ahmad Yani dan Jl. Padjajaran atau klik Kukche Languages 

2. EL RAHMA JABAR 

Pas masuk ke kantornya langsung disambut mba-mba CS yang ramah banget hehe (abaikan). Saya sempat tanya-tanya nih dan berikut ini rangkumannya.

- Ada tiga level bahasa Jepang di El Rahma, level 1-3.

- Pengajar pasti yang sudah profesional, tapi saya ngga tanya lebih lanjut tentang pengajarnya hehe.

- Modul akan diberikan langsung dari pengajar, biaya sudah termasuk modul, tenang ga ada tambahan biaya.

- Biaya pendaftaran sebesar Rp.  75.000. Murah kok.

- Jadwal bisa disesuaikan lho.

- Biaya. Nah biaya di sini tergantung jumlah peserta di kelas. Semakin sedikit semakin mahal. Tapi kalau kita sudah daftar tapi tak kunjung ada teman belajar lainnya, kita akan masuk kelas privat. Saya kasih tau untuk yang termahal aja ya gan buat jaga-jaga aja kalau-kalau ga ada temen belajar dan jadi kelas privat.

Level 1 Rp. 800.000/bulan, total 3 bulan belajar.
Level 2 Rp. 950.000/bulan, total 3 bulan belajar.
Level 3 Rp. 1.200.000/bulan, total 3 bulan belajar.

Itu kalau privat, kalau lebih banyak siswanya lebih murah, misal 5 orang di level 1 cuma 270.000 aja per bulan. Nah mending ngajak banyak temen aja biar murah.

Info lebih lanjut langsung datang aja ke El Rahma Jabar di deket terminal Merdeka atau klik  El Rahma Jabar

3. LEMBAGA BAHASA INTERNASIONAL FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA - UI

Untuk yang satu ini sepertinya ga perlu di review lagi karena udah jelas kualitasnya, secara UI lho hehe.

Ada yang sobat perlu tau nih. Pembukaan kursus bahasa di UI ngga di sembarangan waktu, ada term atau kloter gitu jadi harus sering cek lamannya terus supaya ga telat daftar. Ada 3 term kalo ga salah setahun. Term 1 sudah jalan dari Januari ini. Term 2 bakal mulai sekitar Mei, tapi bisa daftar mulai sekarang.

Kelasnya biasanya diadakan Sabtu pagi. Cocok untuk yang sudah kerja.

Ada sertifikat yang spesifik menjelaskan kemampuan kita di listening, reading, writing kaya TOEFL gitu.

Untuk level ada 7 level dasar dan 6 level menengah nih sobat. Setiap level beda biayanya. Tapi termasuk murah lho biayanya. Saya pingin daftar tapi term 1 udah keburu tutup, haih yasudah lah. Ok ini dia biayanya.

Dasar  1-4 masing-masing Rp. 1.250.000 per tingkat.
Dasar 5-7 masing-masing Rp. 1.350.000 per tingkat.
Menengah 1-3 masing-masing Rp. 1.400.000 per tingkat.
Durasinya 52 jam ajar/level.
Sumber : Brosur PPB Term 1 tahun 2018

Info lebih lanjut mangga buka laman berikut LBI UI

Baca juga pengalaman placement test kursus jepang LBI UI di sini dan pengalaman kursus Jepang level 4 di sini


4. PUSAT PERHATIAN BAHASA IPB

Ini dia tempat les dari kampus saya tercinta hehe. Saya memutuskan untuk kursus di sini karena dekat dan biayanya termurah.

Disini saya sudah pernah belajar level 1 jadi saya akan banyak bahas tentang kursus Bahasa Jepang di sini.

Kekurangan
Kan harus objektif kalo mereview ya jadi ada kekurangan dan kelebihan.

- Modul yang digunakan sudah cukup lawas, tapi masih ok kok kan bahasa ga berubah dengan cepat.

- Harus menunggu sampai pendaftar satu kelas berjumlah 10 orang, tapi 8 orang juga sudah dibuka kok.

- Jadwal kelas reguler ditentukan oleh pihak IPB, tidak bisa menentukan jadwal sendiri kecuali privat.

- Untuk pembukaan kelas di atas level 1 sangat jarang.

- Kemampuan menghafal dan membaca hiragana serta katakana diserahkan 100% kepada siswa. Sensei hanya memberikan materi cara menulis di satu pertemuan pertama. Latihan membaca akan masuk di pelajaran-pelajaran berikutnya.

- Beberapa kelas masih memperbolehkan siswa membuka modul romaji, jadi agak lama bisa hafal hiragana dan katakana. Kalau kelas saya dipaksa tutup romaji hehe.

- Modul masih berupa copian.

- Sertifikat tidak spesifik menerangkan kemampuan listening, reading, writing.


Kelebihan

- Untuk sobat yang bukan civitas akademika IPB, sobat bakal ngerasain kuliah di IPB, belajar bareng anak IPB dan diajar langsung oleh dosen, ada UTS dan UAS juga. Ya kaya kuliah gitu lah cuma lebih santai hehe. Namanya juga kursus.

- Pengajar sangat berpengalaman dan pernah tinggal dan menempuh pendidikan di Jepang meskipun bukan dari sastra Jepang (kan di IPB ngga ada sastra Jepang euy) . Jadi beliau udah sehari-hari pakai bahasa Jepang waktu kuliah di sana. Syarat pengajar bahasa Jepang di Pusat Pelatihan Bahasa IPB minimal pernah tinggal 3 tahun di Jepang.

Selain belajar bahasa kita juga dikasih tau pengalaman kuliah dan hidup di sana, perjuangan dapat beasiswa, dll seru lah pokokna.

- Kemarin saya dapet sensei yang maksa saya supaya bisa baca hiragana dan katakana jadi sekarang alhamdulillah sudah bisa baca dan tulis hiragana serta katakana.

- Bakal dipertemukan sama penutur natif Jepang sebelum UTS atau UAS jika sedang ada yang exchange, biasanya sih ada, banyak malah. Nanti kita bakal belajar langsung ke orang Jepang tentang bahasa dan budaya. Kemarin kelas saya sempat bertemu dengan Oikawa Yukari dari Tokyo University of Agriculture di sesi UTS dan Maejima Shun dari Tokyo University of Agriculture and Technology di sesi UAS.




- Biaya paling murah dari berbagai tempat yang pernah saya cari tau. Ada 3 level dasar (shokyuu) dan 3 level menengah (chukyuu)  di sini.

Shokyuu 1 Rp. 400.000
Shokyuu 2 Rp. 450.000
Shokyuu 3 Rp. 500.000
Chukyuu 1 Rp. 550.000
Chukyuu 2 Rp. 600.000
Chukyuu 3 Rp. 650.000

Biaya diatas bakal ditambah Rp. 50.000 untuk pendaftaran dan Rp. 30.000 - 50.000 untuk modul, tergantung tebal modul yang dikopi.

Biasanya kelas dimulai jam 18.30-20.00. Pertemuan 2 kali setiap pekan. Total ada sekitar 26 pertemuan, 3 bulan belajar per level. Ada juga kelas privat dan kelas khusus.

Info lebih lanjut klik UPT Bahasa IPB

Dan ini contoh sertifikat yang pernah saya dapat :


Mana yang terbaik menurut sobat?
Semoga tulisan ini bisa dijadikan referensi dalam memilih tempat kursus terbaik di sekitar Bogor.

今日はここまでです。ありがとうございます。また今度ね。
Terima kasih banyak sudah mampir.

Comments

  1. Replies
    1. Kalau di LBI UI minimal harus berumur 15 tahun, untuk kukchelanguages dan El Rahma bisa untuk SMP, Pusat Pelatihan Bahasa IPB Minimal sudah SMP. Semoga membantu :)

      Delete
  2. Saya pengen ikutan kursus, tapi saya dbogor tidak punya teman sama sekali, jadi takut untuk pergi keluar, saya berasal dr riau, bekerja dbogor, tapi ya gitu gk ada temennya, huuu berharap bisa ikutan kursus dan dapet temen juga dsni, :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya saranin coba di LBI UI aja mba, akses gampang pake kereta langsung turun di stasiun UI. Biayanya tergolong murah dan diajar langsung sama dosen sastra Jepang UI. Saya juga sendirian kok mba, masuk kelas clingak clinguk ga ada temen. Sekarang alhamdulillah udah banyak temen. Cobain mba jangan takut sendirian :)

      Delete
  3. IPB Bogor nya alamat nya dimana kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 lokasi, ada di IPB Gunung Gede (di google map search sekolah bisnis IPB) dan satu lagi di gedung teaching lab, kampus IPB Dramaga. Untuk info kelas silakan cek di http://bahasa.ipb.ac.id/kampus-darmaga/ untuk kampus Dramaga. Kemarin saya lesnya di kampus Dramaga, yg agak rame dan deket lokasinya.

      Delete
  4. Aslamualaikum, trimakasih artkelnya cukup mmbantu, maaf mau bertnya sob, sya rencana akan mengikuti calon tki jepang, sya tertarik untuk ikut yg UPT ipb, tapi mngenai sertfikat nya kira2 bisa dipakai untuk syrat pmberkasan nya tdak ya?, mengingat untuk srtfikat hrua ada ijin dri dinas tenaga kerja dn atau dinas pendidikan dn kebudayan itu bgaimana mhon pencerahan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh iya mhon maaf jwaban nya bisa dikirim via email sya brngkali sob gustyahendrawan23@gmail.com terimakasih bnyak 🙏

      Delete
  5. Assalamualaimum mas,terimakasi infonya,sebelumnya mau bertanya,untum di kukche jadwal bisa disesuaikan ga ya? Saya sendiri civitas ipb kebetulan vokasi,jadi dekat ke kampus gn.gede hanya saja ingin suasana baru hehe terimakasi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sih sudah ada jadwal tetapnya nanti tinggal nyesuain aja mas jadwal yg cocok yg mana. Saran saya sih mending di UI aja mas lebih murah dan lebih ngetriger belajar soalnya bakal ada UTS UAS dan kenaikan tingkat kalo mau naik tingkat jadi harus bener-bener belajar hehe..

      Delete
  6. Itu maksudnya Shokyuu sama Chukyuu apa ya ? Jika saya ingin belajar dari 0 apakah harus daftar ke Shokyuu 1 terlebih dahulu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shokyuu itu level dasar dan chuukyuu itu level menengah gan, ada kok keterangannya di blog hehe..
      Kalo agan mau dari 0 iya harus mulai shokyuu 1, nanti diajarkan katakana, hiragana, dan kanji sederhana.

      Delete
  7. Untuk yg UPT IPB ada kontaknya ga ya, Mas? Biar enak nanya2 dulu gitu.. mayan jauh soalnya kalo dari rumah 😅
    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jl. Raya Pajajaran
      Kampus IPB Gunung Gede Bogor
      Telp. (0251) 8356833, 8316178,
      Fax. (0251) 8316178
      Hp. 0813 1448 4110

      Gedung Teaching Lab (TL) PPKU Lt. 2 (depan CCR)
      Kampus IPB Dramaga
      – Telp./Fax. 0251 8623410
      – HP : 081381084575

      Kontak ini juga tertera kok di websitenya. Monggo ditelpon saja buat info lebih lanjut :)

      Delete
  8. Kak mau tanya, jadi tempat belajarnya di TL kak? Dan biasanya belajarnya hari apa aja kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, TL itu apa ya?
      Terus yg hari apa itu maksudnya kursus yg dimana? Soalnya beda tempat beda hari

      Delete
  9. Kak untuk yg di ipb private nya itu berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo itu monggo tanya langsung ke petugasnya atau bisa telfon nomor yg di websitenya buat tanya2. Saya ga tau kalo yg private.

      Delete
  10. mau nanya kalo kursus jepang lebih baik di UI, atau tempat kursus biasa ya? saya cek di web IPB kayanya jarang buat daftar yang di IPB Gn Gede dan lebih murah dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah kursus di tempat kursus biasa. Kalo dari segi biaya di UI lumayan murah dibanding tempat kursus biasa (list harga ada di blog).

      Cuman di UI agak lama proses belajarnya buat selesai level dasar dari 0 butuh 7 term (2 tahun 4 bulanan). Kalo di tempat les biasa bisa lebih cepet

      Delete
    2. Jadi yang tingkat 1-7 itu N5 doang ya? apa tingkat 1 itu N5 tapi butuh waktu 2 tahunan? wah lama juga ya

      Delete
    3. Ngga, kalo udah selesai level 7 dan belajarnya bener2 pasti lulus N4. Saya sm beberapa temen malah udah dpt N3 sebelum sampe tingkat 7

      Tapi emg termasuk lama, soalnya ini bukan kelas intensif. Seminggu cuma 4 jam belajar. Kalo misal mas Wira mau ngejar buat dpt visa tokutei lebih baik belajar intensif di LPK

      Delete
  11. Hi salam kenal kalau boleh tau apakah masi les di LBI UI ? sudah sampai tahap mana, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal juga. Sekarang sudah sampai intermediate 3 belajarnya

      Delete
  12. Maaf mau tanya.. kebanyakan anak kuliah apa boleh bapak bapak ..ya😊. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan memang masih muda2 gan, tapi ada kok waktu saya les di IPB yg udah Ibu2. Kalau di UI didominasi yg masih umur 20an (mhs + yg udh kerja). Umur 30an jg ada. Kalau udh diatas umur minimal (sekitar 15 taun kalo ga salah), umur berapa aja boleh ikut kok gan..

      Delete
  13. Halo Mas, kalau menurut Mas bagaimana kualitas belajar n mengajarnya? Bagaimana metode pengajarannya? Kalau UI dan pengajarnya yg internal, biasanya mengedepankan kualitas, tapi karena harga kursusnya memang terbilang terjangkau di banding bbrp tempat kursus lainnya jd bikin saya berpikir apakah kualitasnya benar2 baik. Saya lagi cari tempat kursus bahasa Mandarin, dan harga per level nya di UI ini hanya sepertiga dari tempat kursus lain yang sedang saya incar juga. Jadi ada kekhawatiran aja. Please advise ya Mas. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau untuk kelas mandarin kayak apa. Saya cuma pernah belajar bahasa Inggris sm Jepang di LBI. Dari 2 kursus ini mungkin bisa mas/mba jadiin patokan.

      Kelebihan
      - Buku yg dipake terbilang bagus. General English pake buku dr Cambridge dan Jepang pake buku minna no nihongo yg udh standar dipake di banyak negara n sastra Jepang UI jg pake ini.

      - Pengajarnya banyak yg dosen. Saya waktu General English diajar sm 1 dosen + 1 mhs pasca dr UI (ngomong full Inggris). Jepang Intermediate sekarang pun diajarnya sm 2 org dosen yg pernah belajar ke Jepang. Selain belajar bisa cerita2 seputar budaya dll.


      -fasilitas kaya AC proyektor, sound dll ok

      - ada UTS, UAS, kuis yg lumayan maksa belajar

      Kurangnya

      - agak kurang di percakapan dan tulisan.
      Tetep ada sesi percakapan dan ujian oral tapi lebih cenderung ke tata bahasa dan kosa kata menurut saya. Tulis msh kurang terutama di kelas Jepang, kanji yg ditekanin itu bacanya aja. Kalo mandarin kan hanzi doang mungkin beda, ditekanin juga nulisnya mungkin.

      - belajarnya ngga terlalu intensif. 1 term itu 3.5 bulanan durasi belajar 52 jam. Kelas weekend 4 jam sekali pertemuan, kalo kelas weekday 2 kali seminggu 2 jam pertemuan.
      Ngga terlalu cocok kalo mau cepet berangkat ke negara tujuan or butuh sertifikat HSK misal, kekasnya ga fokus sertifikasi bahasa klo yg selain Inggris. LPK lebih padet n cepet ketimbang disini.

      - pengajar tipenya beda2 kalo ketemu yg seru bakal seru kalo yg biasa ya biasa gitu.

      Gt aja sih menurut saya hehe

      Delete
  14. Kak, aku mau ikut les tapi aku bener bener ga punya dasar... Apalagi baca tulisannya aku juga masih belum bisa... Gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dulu ga ada dasar. Coba dulu aja.

      Kalo yg di Bogor saya udh ga ikutin infonya karena udah lama ga di Bogor lagi. Ntar kontak aja nomor teleponnya.
      Kalau di UI masih bisa pake sistem daring.

      Delete
  15. Hallo ka, kalo di ipb ada kelas privat untuk kursus bhs jepang tidak ya? Kalo ada biayanya berapa ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya belajar taun 2017 (udh lama bgt) itu ada di Dramaga atau Baranangsiang. Kalo sekarang langsung kontak Pusat Pelatihan Bahasa IPB aja buat info lebih lanjutnya soalnya lagi pandemi juga kan. Di websitenya jg ada list harga kok.

      Kalo LBI UI sekarang lagi buka pendaftaran kursus online sampe tgl 20 Mei (lewat jg masih bisa sih sebelumnya wkwk). Kalo di sini ngga ada private, belajarnya bateng2.

      Kalo private online coba deh ke Hiro Tower, saya belajar di sini juga. Ngga private sih cuma muridnya maksimal 3 orang jadi kondusif ngga sepi ngga keramean. Bisa cek di IG atau FB nya buat info lebih lanjut.

      Delete

Post a Comment