Review dan Pengalaman JLPT N4 Juli 2018



Assalamualaikum agan dan sis

Hari ini saya akan review pengalaman mengikuti JLPT N4 pada 1 Juli 2018. Ini kali pertama saya ikut JLPT karena sebelumnya ingin ikut tapi keburu tutup pendaftarannya. Ok kita bahas tentang JLPT N4.

Kemampuan seperti apa yang dibutuhkan di level N4?
Secara teori, N4 merupakan level untuk seseorang yang sudah menguasai minimal 300 kanji, 1500 kosa kata, memahami tata bahasa dasar, dan mampu memahami percakapan sehari-hari. Itu teori ya, kalau kita belum punya kemampuan tepat seperti di atas, ngga masalah. Coba aja dulu, siapa tau bisa lulus hehe, kaya saya coba2 berhadiah :) 

Daftarnya bagaimana?
Udah pada tau kan kalo JLPT cuma diadain di bulan Juli dan Desember? Nah pantengin website jlptonline.or.id  3 atau 4 bulan sebelumnya yaitu di pertengahan Maret dan akhir Agustus. Terus ikutin aja panduan yang ada di websitenya. Gampang kok ngga ribet.

Berapa lama belajar N4 dari N5?
Kalau agan2 dan sis niat, 6 bulan belajar sendiri cukup kok karena gap antara N5 dan N4 itu ngga terlalu jauh. Waktu awal saya beli buku Sukses N4 dan liat soal latihannya sama sekali ngga ngerti. Setelah persiapan 3 bulan dari pendaftaran N4 alhamdulilah soal ujiannya sebagian besar banyak yang ngerti. Intinya harus niat dan rajin2 buka buku, patokannya sampe muak liatnya ya. Kalo udah muak insyaallah isi di dalamnya udah masuk :)

Belajar dari mana dan bukunya apa?
Saya pernah les di Pusat Pelatihan Bahasa IPB dan Lembaga Bahasa Internasional UI. Buku yang dipakai sama yaitu Minna No Nihongo. Terus saya juga beli buku Sukses N4 dan Latihan N4 dari Gakushudo. Udah itu aja udah cukup muntah melajarinnya hehe.

Oya coba bikin sistem poin. Misal sesi 1 moji goi dan sesi 2 dokkai kan maksimal skor itu 120 (score lihat di sini)  dan kalau ditotal ada 69an soal, jadi 1 soal sekitar 1,7 poinnya. Terus agan dan sis coba kerjain dan hitung poinnya. Ya anggap simulasi lah.

REVIEW UJIAN

SESI 1 げんごちしき: もじ・ごい
(Pengetahuan bahasa: huruf dan perbendaharaan kata) 

Sesi pertama adalah moji goi dan soal pertama pasti kanji. Saran saya selain belajar kanji N4, agan sis juga sebisa mungkin perbanyak memahami kanji level di atasnya seperti N3.  Misal yang saya ingat di ujian 1 Juli kemarin itu ada:
1. 顔
2. 光る
3. 生産
4. 営業
5. 弱い
6. 都会
7. 予定
8. 決める
Ini menurut saya ada kanji yg selevel N4 dan ada juga sedikit N3. Ga tau juga sih, soalnya Japan Foundation ga pernah ngeluarin list kanji per levelnya. Tapi tenang yang ga terlalu susah dan sesuai level N4 masih ada kok misal:

閉じる
暗い
昼ご飯
帰国 dll. 

Itu kanji yang keluar di ujian kemarin. Hayo bisa baca? Pasti bisa yak. 

Kalau untuk perbendaharaan kata ngga terlalu susah kok. Kemarin yang muncul itu yakusoku, otoshiteshimaimasu, dll.

Sesi 2 言語知識: 文法・読解
(Pengetahuan bahasa: tata bahasa dan bacaan) 

Sesi ke-2 adalah bunpo dan dokkai. Untuk bunpo ngga jauh beda sama yang di contoh soal N4 di website resmi JLPT. Contoh bunpo yang muncul yaitu:
~ように
~しか-ない
penggunan partikel に
kata kerja potensial, dll. 

Oya kemarin menurut saya agak susah yang bagian nyusun katanya, agan sis harus banyak latihan yak. 

Untuk dokkai saya kira juga nggak jauh beda sama dokkai di contoh latihan N4 cuma di sesi dokkai panjang, emg lumayan panjang sekitar 3/4 halaman lebih hehe. Iya lah namanya juga dokkai panjang wkwk. Supaya terbiasa ngerjain soal, gan sis bisa beli buku latihan N4 di toko buku terdekat. Kalo dokkai kemaren banyak yg tembak di bagian akhir karena teksnya panjang dan waktunya mepet hehe. 

Sesi 3 聴解
(Menyimak/mendengar secara komprehensif) 

Sesi ke-3 adalah choukai atau listening. Kalo agan sis sering nonton film, acara, drama dan anime Jepang, pasti ngga ada masalah dengan choukai. Menurut saya choukai di JLPT Juli 2018 sebagian besar masih bisa dimengerti paling harus jeli aja pas denger angka, jumlah, sanggahan, atau pendapat. Oya latihan juga untuk mendengar di kebisingan ya gengs. Soalnya nanti bakal ada suara tape dari kelas ujian sebelah yang saling sahut-sahutan jadi harus fokus banget sama suara tape di kelas kita.

Nah itu tentang ujiannya. Dan hasilnya.... 




Alhamdulillah lulus. Saya jatoh banget euy bagian dokkainya. Ga masalah deh yang penting lulus hehe.

UPADTE 1 Oktober 2018.....
Jeng jeng ini dia sertifikat dan lembar nilai Juli JLPT 2018 punya saya.



Oya saya juga bikin video bahas soal N4. Video simpel dan penjelasan seadanya sih. Kalo berkenan monggo bisa nonton di link ini.

Sekian review JLPT N4. Terima kasih sudah mampir, semoga minasan juga lolos ya. Sampai jumpa di review JLPT N3 Desember mendatang.

Comments

  1. Maaf may Tanya, saya ikut tes jlpt tgl 1 juli 2018, untuk pengambilan sertifikatnya bisa dilakukan di Hari weekend ? Karena saya sedang bekerja dan domisili di Bogor. Saya coba hubungi unsada tp tidak bisa tersambung :( maaf jd curhat. Please infonya jika berkenan. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf mba saya kurang tau, soalnya kemarin saya ngambilnya weekday karena kebetulan saya masuknya siang. Coba mba kontak via email ke panitia JLPT Jakarta, kemarin saya tanya via email di UNSADA bagian mana sertifikatnya bisa diambil ternyata dibalas.

      Kalau mba buru-buru butuh sertifikatnya bisa coba berangkat subuh mba, izin terlambat masuk kerja kalo memungkinkan, setelah ambil sertifikat, langsung ke kantor. Untuk ruangan pengambilannya ada di rektorat Unsada lantai 2, ruangan pertama di lorong sebelah kanan. Semoga membantu :)

      Delete
  2. maaf gan lokasi test jlpt n5 dijakarta dimana ya??
    apakah ada email nanti untuk lokasi test??
    soalnya email pertama cuma menunjukkan jakarta doank jadi bingung jakarta mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, nanti ada email yang ngasih tau lokasi dan jadwal spesifik buat ujian misal di gedung mana, ruangan berapa, harus dateng jam berapa dll. Saya udah dpt email lho buat yg Desember besok, emailnya dikirim tgl 8 Nov. Coba cek email mungkin masuk ke spam :)

      Delete
  3. Mas bro. Boleh minta kontak WA/ fb. Saya pengin tanya lebih detail

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan, mau Tanya, bagaimna cara agar lulus N4??

      Delete
    2. Ya belajar hehe..
      Coba belajar dari minna no nihongo shokyuu 1 dan 2 kalo udah kelar dua2nya dijamin lulus N4.

      Kalo saya dlu cuma dr buku Gakushudo kiat sukses lulus N4

      Delete
  4. selamat pagi, saya mau nanya. apakah di soal dokkai disertakan furigana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti ada furigananya buat kanji yg susah. Kalo kanji yg selevel atau lebih rendah biasanya udah ga ada furigananya.

      Kalo mau tau kyk apa soalnya, bisa didownload di sini: https://www.jlpt.jp/e/samples/sampleindex.html

      Delete
  5. kak, alur pelaksanaannya gimana? kyk goi berapa soal berapa menit, choukai berapa soal berapa menit, doukai berapa soal berapa menit? saya pertama kali soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo N4 moji goi 30 menit, bunpou dokkai 60 menit, terus choukai 35 menit. Jeda per sesi 10 menit. Ada kok di email pemberitahuan kalo udh daftar. Atau bisa dicek langsung di website resmi JLPT
      https://www.jlpt.jp/e/guideline/testsections.html

      Delete
  6. Ada soal nulisya ngga n brp soal...
    Kaya jtes kan ada nulis kanji..

    ReplyDelete
  7. kak, 300 kanji itu, udh termasuk kanji N5 atau cmn kanji n4?

    ReplyDelete
  8. Kak mau nanya, ada batas pengambilan sertifikat kah?
    Apa boleh misal kita ujiannya Desember dan udh keluar sertifikatnya bulan Februari tapi baru kita ambil bulan Juli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok beberapa bulan setelahnya. Misal ujian desember ngambilnya bareng sm yg ujian juli. Tapi ya jgn kelewat lama juga ampe bertahun2 wkwk

      Delete
    2. Oh, gitu ya kak

      Soalnya rada takut juga, di jpf.or.id tertulis Medan 19 Feb - 31 Maret 2020

      Nah, kenapa ada batasnya gitu smpe tgl 31?

      Takutnya hangus pulak klo Juli baru ambil wkwk

      Delete
  9. Kak mau tanya butuh waktu berapa lama ya belajar bahasa Jepang dari nol agar lulus n4,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih setahun. Waktu itu otodidak belajar tahun 2017 + les Jepang Dasar 6 bulan sampe awal 2018. Juli 2018 ujian lulus N4.

      Sebenernya tiap orang beda2, ada yg beberapa bulan aja udh bisa lulus N4

      Delete
  10. いい経験ですね。みんなに教えてくれてありがとうございます。私も今日本語を勉強しています。頑張ろう!

    ReplyDelete
    Replies
    1. こちらこそ、この記事を読んでくれてありがとうございます。これからも一緒に頑張りましょう
      (๑•̀ㅂ•́)و

      Delete
  11. Duuhhh jadi parno, :")
    Kak do'ain saya lulus ya bulan depan :")

    ReplyDelete
  12. Ka, saya sama sekali belum pernh belajar B. Jepang. Tapi sama mau mulai belajar. Apa ada saran buku yang bisa saya pelajari?

    ReplyDelete
  13. Mau tanya, untuk kkm jtes dan nates berapa ya? Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment