Review JLPT N3 Desember 2018


Assalamualaikum gaes

Kembali lagi di blog gaje saya. Sesuai yang saya bilang di postingan review JLPT N4, sekarang waktunya review tentang JLPT N3 tanggal 2 Desember 2018 kemaren
Kuyy....

Standar Kemampuan JLPT N3

Secara teori, banyak sumber yang bilang kalo kita mau lulus JLPT N3 kita harus memahami 650 kanji, 3500 kosa kata, dan sudah memahami percakapan umum secara luas.

Mimin gmn? Udah sampe standar yang ini? 
Ehehe boro2 saya aja baru lulus N4 Juli kemarin itu pun lulus dengan nilai 107/180 wkwk. Kalo kanji sih sudah lumayan ada 500an saya udah hapal, kosa kata masih sangat kekurangan haha..
とにかく試験を受けてみた!

Langsung aja ke reviewnya...

Sesi 1 げんごちしき: もじ・ごい

Kanji
Pertama kali buka soal kaget fontnya ternyata Ms Mincho dan beda sama N4 dan N5 yang pakai font Kyoukasho. Maklum belum pernah liat soal N3 aslinya gmn. Tapi bisalah menyesuaikan karena bedanya MS Mincho agak kaku aja fontnya. Ok back to kanji. Menurut saya sih kanji yg kemarin masih terbilang mudah, ngga terlalu banyak kanji2 dari level atasnya, overall kanji N3 yg muncul. Nih kemaren abis ujian saya buru2 nyatet mumpung inget
1) 制服
2) 熱心
3) 遊ぶ
4) 厚い
5) 相談
6) 退院
7) 換える
8) 出勤
9) 確か

Terus ada juga kanji level atas misal
10) 卒業 (N2, N4)
11) 血圧 (N3, N2)
12) 改札 (N2)

どうだ? 読める?
読めなければ、もっと勉強しよう。

Kosa kata
Nah disini saya blank banget, banyak banget yang ga tau. Dari sekian banyak soal cuma tau yang 知り合う doang wakaka. Kosa katanya rata2 ditulis pake kanji tanpa furigana woho..
Ini contoh goi yang muncul dan berhasil saya inget:
1) 延長
2) 埋める
3) 就職
4) 知り合う
Selebihnya ga inget

Sesi 2 言語知識: 文法・読解

Bunponya banyak banget yang ga tau. Dari sekian banyak bunpo cuma tau dua doang yg ばかり sama に比べて. Selebihnya nebak adoooh.

Untuk bunpo yang nyusun kata saya sih 'kayaknya' bisa2 aja, mungkin karena saya ngerjainnya agak santai soalnya dokkai udah dikerjain duluan. Saya inget kata sensei saya buat ngerjain bunpo terakhir, harus dokkai dulu yang dikerjain biar ga makan waktu.

Untuk dokkai, ngga tau gmn saya sih dapet aja jawabannya, tau kena jebakan atau ngga haha.. Kayaknya sih kena jebakan wkwk... (janganlah, pengen lulus nih)

Kalo diliat dari tema, dokkai JLPT Desember ini ternyata ngga sesusah kaya di buku latihan yang temanya udah luas kaya kesehatan, pelayanan umum, sama sosial. JLPT N3 Desember 2018 masih didominasi tema kehidupan sehari hari. Misal kemarin itu ada  memo untuk seseorang, persiapan hadiah ulang tahun untuk ayah, cerita orang pindahan sama terakhir itu pamflet tentang program olah raga yang ditawarkan oleh salah satu pusat kebugaran gitu. Alhamdulillah lah bukan tema yang kompleks kuyy...

Sesi 3 聴解

Kalo ini saya sih bilangnya lebih susah dari yang pernah saya coba di latihan soal. Sedikit lebih panjang sama muter2 jadi harus bisa ngikutin alur pembicaraannya.

Di bagian yang cari respon terbaik (bagian terakhir) mirip2 jawabannya jadi bingung mau milih yg mana. Yah banyakin aja denger lagu Jepang, Drama, anime, program tv, dll biar kuping makin familiar Sama bahasa Jepang.

Nah itu dia review ujiannya. Oh iya saya punya cerita unik nih di kelas saya.


Ceritanya ada ibu2 muda (tapi mukanya masih kaya mba2 20 tahunan gitu) yang duduknya sebelah saya. Ntah kenapa kok kaya pernah liat dimana gitu. Tapi saya ngga terlalu meratiin sih.

Terus pas ada penjelasan tentang peraturan2 gitu, ibu tadi nanya anaknya yang SD belum punya kartu identitas itu bagaimana.
Dalem ati: gila masi SD udah N3 apa kabar gue 24 taun baru nyoba N3. ini pasti anaknya pernah sekolah di Jepang, ga mungkin anak SD normal mau ikut N3.

Nah saya ke inget pernah nonton youtube yang ada Ibu2 masukin anaknya ke sekolah di Jepang. Mirip banget muka Ibunya sama yang pernah saya liat.

Di sela2 ujian saya lirik ke samping, baru berapa menit gitu si Ibu udah selesai, ini antara ngasal atau udah jago parah. Saya ngiranya ngasal, mungkin dia cuma ikut buat nemenin anaknya gitu. Jadi underestimate deh (maafkeun)

Pas jeda istirahat, saya cek youtube, eh beneran itu Ibu yang ada di youtube. Hoo tembakan saya bner wkwk..

Menurut ane sih unik aja gitu ketemu orang yang pernah saya liat di medsos haha.

Terus ternyata pas diakhir choukai sempet ngobrol dan dia bilang memang hanya nemenin anaknya ujian karena sebenarnya dia udah N1 wadaw ngeri kali...  Pantes pas sesi pertama selesai beberapa menit doang waaaaa!!!

Serasa butiran debu deh, udah suuzon aja tadinya. Terus saya sempet ngobrol dikit dan nanya butuh berapa lama belajar sampe bisa lulus N1, dia bilang 5 tahun..
Wah pas banget sama level JLPT. Saya aja baru belajar 2 tahun, mungkin emg levelnya masih N4 kali ya :(

Terus saya tanya mba yang bikin video di youtube itu ya?
'Iya mas, ada giveaway juga lho, ikutan ya', gitu saya ditawarin ikutan giveaway malah hehe :)

Btw any busway ini nih video yang saya liat waktu jaman penjajahan skripsi. Klik disini juga buat liat give away nya..


Update 23 Januari 2019

Pengumuman hasil JLPT Desember 2018 sudah bisa dilihat secara online tepat pada hari ini jam 08.00 waktu Indonesia atau jam 10.00 waktu Jepang dan hasilnya.....


Alhamdulillah bisa lulus N3... Padahal udah pesimis banget kemaren ujiannya banyak yg ga bisa. Liat aja moji goi bunpo dan dokkai ngga ada 1/2 nya hehe...

Bersyukur banget rasanya bisa lulus N3 modal kurang dari 6 bulan (sampe sujud syukur berkali-kali). Kata orang sih susah kalo cuma 6 bulan ke N3. Ampe ada yang beberapa kali ngulang N3 tapi belum dapet. Ini jadi bukti kalo kita serius, insyaallah jeda waktu antar ujian cukup buat level berikutnya. Dan mungkin minasan bisa dapat nilai yang lebih baik dari saya. Kalo saya sih nilai ga patokan asal lulus aja, mau pas kkm juga iklas :')

Ok segitulah review tentang JLPT N3 Desember 2018 dan sedikit pariwara dari saya.

Terima kasih banyak sudah mampir 


Comments

  1. Mimin, terima kasih udah nulis tentang saya dan bantu promosiin vlog saya. Hehehe. Mudah-mudahan N3 nya lulus yaa.
    Anak saya kurang 8 point lagi untuk lulus, jadi saya akan ikutkan lagi bulan Juli ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh jadi malu sayanya mba hehe. Maaf ya mba kalo ada salah2 kata.

      Alhamdulillah saya lulus mba hehe.. Makasih doanya. Semoga Juli depan putranya bisa lulus juga ya mba Aamiin :)

      Delete
  2. Pas N3 kmrn belajarnya dari buku apa? Saya sudah selesai buku minna no nihongo shokyuu 1 dan 2, InsyaAllah mau lanjut minna no nihongo chuukyuu bulan depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. N3 kemaren cuma nonton youtube buat bunpou sama kosa kata hehe.. Kanji belajar dari kamus kanji N3 terbitan gakushudo udah. Sekarang aja sy baru belajar minna no nihongo chuukyuu 1 di tempat les sama belajar sendiri dari buku shinkanzen master, nihongo sou matome, sama bunpou kara nobasu nihongo. Recomended, ada banyak series dari N3-N1.

      Youtube channel nya nihongo no mori. Bisa dicari playlist yg N3, penjelasannya bahasa jepang tapi gampang dipahami kok.

      Delete
  3. Saya sudah belajar bahasa Jepang selama 10tahun..
    Tpi baru bisa lulus N4 dgn nilai 107/180..😂
    Syediiiihhh. . 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mungkin perlu effort lagi belajarnya gan hehe..

      Ikut terus aja JLPT ntar pasti naik level 💪💪

      Delete
  4. Akhir tahun ini mau ambil n3 juga kalau tidak ada halangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lancar n lulus ya. Sy juga mau ikut lagi Desember besok. Balas dendam 2 kali ga lulus wkwk

      Delete

Post a Comment