Kursus Bahasa Jepang Intermediate 2 LBI UI

Hai Gan Sis, Assalamualaikum

    Masih seputar belajar bahasa Jepang, kali ini saya mau berbagi cerita tentang kursus bahasa Jepang tingkat menengah 2 nih di LBI UI.
Ini termasuk momen yang jarang gan sis karena biasanya program bahasa asing selain bahasa Inggris di LBI UI agak jarang yang ampe level menengah. Biasa seleksi alam wkwk. Program yang biasanya sampe level menengah yang pasti Inggris lah ya, terus Jepang dan Korea. Buat kalian Kpopers boleh juga nih mengasah bahasa sampe level menengah di sini.

Oke. Jadi gemana sih kursus bahasa Jepang level intermediate di LBI UI?
Langsung cekidot

PLACEMENT TEST
    Buat agan sis yang udah punya basic yang lumayan, ikut placement test aja siapa tau bisa wuush sampe ke level menengah. Kemarin di level Intermediate 1 sama 2 ada murid baru yang masuk dari placement test dan jago dong wkwk. Gue yang anak lama kalah kekna wkwk.
    Oya ntar selain test, ada juga quisioner. Misal udah punya sertifikat JLPT level berapa, udah belajar berapa lama, terus ada yang mau disampaikan ngga ke pihak LBI. Kemarin saya nulis pingin dimasukin ke level intermediate wkwk..

LEVEL
    Jepang intermediate punya 6 level. Di sini saya masih level 2. Lumayan panjang yak perjalanannya wkwk.

BUKU
    Buku yang dipake di level ini masih satu terbitan sama yang dasar yaitu みんなの日本語中級1. Buku ini ada 2 macem, buku utama dan terjemahan plus keterangan tata bahasa. Untuk kanji masih melanjutkan buku Basic Kanji Book Vol 2 (ngarepnya sih yang Kanji Intermediate Plus, sok2an gue wkwk). Oya bukunya masih bentuk kopian tapi kualitas cetakan kaya buku aslinya. 

MATERI
    Materi yang diajarin pastinya materi level menengah yang biasa dipake di dunia bisnis dan kehidupan sehari-hari. Penasaran kaya apa yg dipelajarin? ini dia: 

Tata Bahasa
Gabungan partikel での、への、からの、までの、との
~ようとする・ようとしたら
~ばかり
ている・てばかりいる
~つもり (つもりはない、つもりだった、たつもり・ているつもり)
~だろう・だろうと思う
dan masih banyak lagi.

Kanji
投資  頭痛  感動  生産  笑う  交通機関  価格  告げる
Gimana bisa baca dan tau artinya kah? Pasti tau lah ya.

Kosa Kata
Misalnya ini nih yang keluar:
記者会見 :Konferensi pers
差別   :Diskriminasi
具体的  :Real, Spesifik
理想   :Ideal, Cita-cita
そっくり    :  Persis mirip
平等   :Setara
つかむ        :  Meraih
延期する    :Menunda

UJIAN
    Ujian di level intermediate agak beda dari level dasar, misalnya:
- Ujian via google form karena pandemi jadi banyak kanji yang ga ada furigananya. Level dasar hampir semuanya ada furigananya.
- Bunpou banyak yang diminta bikin kalimat sesuai tata bahasa yang ditentuin. Level dasar jarang yang ngarang kalimat.
- Choukai ada yang dijawab langsung secara lisan. Level dasar masih ngerjain di kertas.
- Kaiwa lebih banyak cerita n jelasin tentang sesuatu. Level dasar masih lebih sederhana dan pendek2 untuk kaiwanya.
- Dokkai ada yang biasa jawab pertanyaan sesuai artikel, ada juga yang diminta rangkum dengan bahasa sendiri dan suruh nulis tanggapan terhadap artikel. Level dasar cuma jawab pertanyaan terkait dokkai.

KELULUSAN
    Sejauh yang saya liat ya, peserta di level ini selalu lulus terus, nyaris ga ada yang ga lulus hoho. Karena udah sampe level ini jadi memang pada niat belajarnya. Nice teman2!!

    Nah itu sih terkait sama program Jepang Intermediate 2 berdasarkan pengalaman saya pribadi. Menurut temen2 gimana? menarik? menantang? atau biasa aja? coba tulis di kolom komentar. 

Sampe ketemu lagi di next level...

Comments

  1. Selamat Siang Kak....kak aku tadi baca pas lagi cari2 info di google. Boleh bertanya kak? Untuk intermediate level satu minimal harus bisa apa ya sebelum mendaftar? Dan apakah harus lulus level dasar terlebih dahulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Standar di LBI untuk Intermediate 1 harus sudah menyelesaikan minna no nihongo 1 dan 2 sama pernah belajar basic kanji book 2 sampe bab pertengahan.

      Nanti ada placement testnya. Ntar ada juga pertanyaan tambahan udh pernah ikut ujian JLIT level brp, belajar smpe mana dll. Ntar ada juga peryanyaan seputar info tambahan yg ingin disampaikan peserta placement test ke pengoreksi. Waktu itu saya tulis saya lulus N3 dan pingin belajar di level Intermediate. Setelah placement test, masuk deh ke level intermediate 1 hehe

      Delete

Post a Comment