JLPT N2 Untuk Kedua Kalinya : Pengalaman dan Review



Assalamualaikum agan sis

Fyuh barusan kemaren nih ikut N2 yang ke-2 kalinya. Dan tetep susah. Kirain udah setengah taun belajar lagi bakal membaik, ternyata ga beda jauh haha..

OK sesuai postingan sebelumnya dan mampung masih inget, saya bakal review nih JLPT N2 1 Desember 2019


言語知識: 文字・語彙 ・文法・読解


漢字 (読み)
1. 等しい
2. 軽傷
3. 負担
4. 下旬
5. 映る (Sumpah ini paling gampang)

漢字 (表記)  Udah saya ubah ke kanji ini ya gan, tadinya di soal hiragana semua
1. 勇ましい
2. 見逃し
3. 陽気
4. 違反
5. 拡張

Uooh akhirnya inget semua soal kanji (soalnya saya tipe belajar visual, cepet inget bentuk hehe)
kurang baek apa lagi coba saya post buat belajar bersama :)
で、どうですか? 読めますか?
Saya pertama liat langsung mikir 'wadaw apaan nih!!' tapi pas dicocokin sama pilihan ya lumayan kejawab lah hehe..

Next kosa kata...

語彙 (語形成)
1.(        )町長
2.(備え)つける
Cuma inget dua doang gan. Yang no.1 ga tau jawabannya. Intinya di kalimat ini mau bilang "wali kota yang sebelumnya"


語彙 (文脈規定)
1. 無力
2. 憧れ


語彙 (言い換え)
1. ハードな
2. 引き返し
Hayo tau ngga padanan kata dua nomor ini? Kalo saya mah cuma tau yang no.1 pas ngerjain.


語彙 (用法)
1. 素材
2. めぐる
3. 養成
4. 特殊

Nah itu dia gan sis soal yg berhasil saya inget (setelah berfikir keras). 
Gimana nih kira2? Sudah familiar sama kata2 di atas? 
atau sama kaya saya yang "wadaw apaan nih?" hehehe..

Next ya kita ke tata bahasa

文法
1. ~の末
2. ~たことにする
3. ~違いない
4. おいでくださる(Soal 敬語)

Seinget saya sih kaya gitu gan dan cuma segitu yang inget karena ga banyak yang ngerti tata bahasanya hahaha.. Tapi mayan lah dibandingin tahun kemaren (sedikit) lebih banyak yang bisa wkwk.



読解


読解っていつもどおり難しいよね。今回のテーマは前回より複雑だ思います。
Yah itu lah yang saya pikirkan. Ngga tau kenapa pas liat bahasannya...wadaw. Apa gue yang terlalu bego yak?..iya kali haha..

Ok di sesi membaca kali ini tema yang diangkat kira-kira tentang:

1. Kedewasaan orang dilihat dari cara berfikir
2. Surat resmi tentang perubahan sistem pembayaran perusahaan
3. Pengumuman perusahaan untuk mengajak para pelanggannya mengecek produk dan jika ada kerusakan bisa diperbaiki gratis (kayaknya sih gini hehe)
4. Pola pikir anak dan cara pengasuhan yang tepat
5. Percakapan dan etika terhadap lawan bicara (Tipe A dan B)
6. Perbedaan manusia dan komputer dalam menangani pekerjaan 
7. Bawahan yang suka membuat kesalahan dan bagaimana sikap atasan yang tepat untuk menanganinya
8. Pandangan penulis terhadap sikap pelajar terhadap lingkungannnya dan bagaimana yang seharusnya mereka lakukan ketika lulus dan mulai menjadi bagian dari masyarakat

Gimana nih? 
Saya aja yang nulis post ini masih ngerasa "kaya gini banget ya dokkainya" haha.
Ya kaya begitu lah. Ini ngga hiperbola ya gan ngga dibikin seolah-olah susah banget. Kenyataan emang kaya gini. Tapi ah, mungkin banyak juga agan sis yang baca post ini mungkin mikir "ah ini mah biasa, gampang" gitu. Ya mungkin kapasitas saya yang masih minim haha..

Terakhir ...



聴解

Ujian menyimak kali ini menurut saya mah tengah-tengah lah. Ngga terlalu susah ngga terlalu gampang juga. Temanya juga beragam dan agan sis pasti setuju kan kalo sesi ini biasanya yang dianggep paling menolong nilai JLPT hehe biasanya sig gitu.

Semuanya hampir rata sih tingkat kesulitannya, yang agak gampang yang respons sama yang awal-awal. Yang agak susah itu yang ngga kecetak sama sekali soalnya. Yang paling gampang malah yang terakhir haha.. Asal dicatet bener-bener mah ngga terlalu susah percakapannya.


Nah itu gan review JLPT N2 1 Desember 2019
Sampe ketemu lagi di pengumuman kelulusan akhir Januari
Semoga kita semua lulus. Aamiin 


Update 22 Januari 2020
Tepat jam 08.00 WIB pengumuman JLPT keluar nih gan. Ini dia hasil saya. Jeng2...


Untuk Kedua kalinya gagal lagi. Liat dong dokkainya cuma 8 poin gelo kecil banget. Taun lalu aja 20an T_T
Udah mulai males nih, udah 2 kali. Eh tapi katanya ada yang sampe 4 kali baru lulus. Ini baru 2 kali. Juli 2020 pokoknya HARUS LULUS. TITIK

Sampe ketemu lagi di review N2 TERAKHIR Juli 2020. Semoga masih diberikan umur. Aamiin

Comments

  1. Wah... Kok bisa beda ya tingkat kesulitannya. Dokkai Juli 2019 lebih gampang dari pada dokkai Desember 2019

    Kata senseiku juga JLPT Juli 2019 kemaren memang lebih gampang dari biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya mungkin dari standar JF ga ada yg berubah tingkat kesulitannya, cuman dr pribadi masing2 aja yg ngerasa familiar atau kurang familiar sm temannya.

      Kalo taun lalu tema dokkainya lumayan familiar jadi kerasa lebih gampang. Nah taun ini yg bagian bacaan pendek aja udh asing, udh deh gagal haha..

      Kmaren ikut N2 juga kah?

      Delete
    2. Ya, mungkin hanya kebetulan kali ya kelihatannya lbh mudah tapi sebenarnya sama level.

      Ngak, aq Desember kemaren pertama kali ikut gk mungkin ambil N2, kan? Hahaha

      Delete

Post a Comment