Rafflesia patma mekar di Kebun Raya Bogor



Assalamualaikum wr wb

Apa kabar teman-teman?
Udah pada tau kalo pekan lalu ada yang spesial nih di Kebun Raya Bogor?
Yap, tepat tanggal 14 September 2019 lalu salah satu bunga langka Rafflesia patma mekar di sini.

Satu hari sebelum bunga langka ini mekar, saya liat di akun instagram LIPI dan langsung cuss ke KRB. Jarang2 kan bisa liat bunga langka ini. Biasanya cuma liat di buku pelajaran, TV, atau Internet, nah ini bisa liat langsung. Karena excited banget  kuyy langsung cuss ke KRB.  Ini dia fotonya.

Rafflesia patma (Dokumentasi Pribadi) 

Rafflesia patma (Dokumentasi Pribadi) 

Rafflesia itu kayak gemana sih? 
Rafflesia itu taneman parasit temen2. Jadi ga punya akar batang daun dan dia cuma numpang hidup di tanaman sejenis anggur hutan Tetrastigma sp. Spesies yang lagi mekar ini diambil langsung dari habitat aslinya di Pangandaran dan ditanam dengan teknik grafting atau sambung akar. Jadi akar taneman Tetrastigma sp. yang sudah terinfeksi Rafflesia diambil dari Pangandaran lalu disambung dengan Tetrastigma sp. yang ada di Kebun Raya Bogor. Jika akar berhasil tersambung, Rafflesia juga perlahan hidup dan tumbuh dari nutrisi yang disediakan oleh tanaman inangnya.

Stadia awal Rafflesia patma pada akar Tetrastigma sp. (Dokumentasi Pribadi) 

Membiakkan Rafflesia itu susah banget karena sifat biologinya yang rumit. Bijinya disebar langsung ga tumbuh, ditempelin langsung ke inangnya ga tumbuh, dikultur jaringan pun ga tumbuh bijinya, susah pokoknya. Jadi baru teknik sambung akar yang sekarang berhasil buat membiakkan si Rafflesia di luar habitatnya.

Rafflesia patma yang mekar sempurna dan 2 kuncup yang sedang berkembang (Dokumentasi Pribadi) 

Terus masih mekar sekarang? 
Sayangnya Rafflesia cuma mekar 2-3 hari aja jadi sudah layu sekarang. Tapi tenang masih ada satu kuncup lagi yang bakalan mekar satu atau dua minggu lagi. Monggo dateng dan liat langsung di Kebun Raya Bogor.

Kuncup yang sebentar lagi mekar (Dokumentasi Pribadi)

Sekian dulu cerita kali ini, kita sambung lagi di lain waktu. See you ^^

Comments