Road to Advance Level: Review Ujian JLPT N2



Assalamualaikum wr. wb.

Ok gan makasih mau baca blog gaje ini haha. 6 bulan sudah berlalu dan sesuai di post yang sebelumnya saya bakal cerita seputar pengalaman ikut ujian N2 7 Juli 2019. Ujiannya barusan banget tadi pagi jam 10.00 WIB dan sebelum kelupaan semuanya ayok kita bahas.



Sesi 1 言語知識(文字     語彙    文法)●  読解

Pasti agan sis udah tau kan kalo N2 digabung moji, goi, bunpou, dan dokkainya. Kali pertama nih ngerjain pengetahuan bahasa yag digabung jadi satu. Ngebul pala nih haha. Ok kita review satu-satu yak.

漢字

Emm.. Kanjinya sebenernya ngga asing. Hampir semua pernah liat, ada di kamus yang saya punya tapi ya gitu lupa tiba-tiba blank haha. Dari sekian banyak cuma bisa 3 atau 4 doang. Parah euy. Ada juga yang ragu-ragu, pas dicek abis ujian ... tetot salah... lol. Ok ini dia yang berhasil saya inget, spesial untuk Anda yang baca blog ini wkwk.
1. 憎んだ
2. 恥
3. 偶然
4. 圧倒的
5. 濃い
6. 趣味
7. 演技
8. 刺激
9. 損
dan lain lain.

どうですか。読めましたか。僕は「圧倒的」、「濃い」、「趣味」しか読めなかった。難しいですねN2の漢字って。Tapi ada juga yang ragu-ragu kaya 
演技, 損, pas dicek eh bener wkwk.  Tapi banyak yang nebak tapi salah sik kaya 恥. Biasanya kan 恥ずかしい, tapi ini 恥 doang, bingung antara はず apa はじ. Akhirnya pilih はず dan salah awkwk. Terus 偶然, taunya sih ini ぐぜん eh ternyata ぐうぜん lol. Ya gitu dah pokoknya. Harus sering baca artikel biar familiar ama kanjinya. 

語彙

Ini mah yak sebelas dua belas ama kanji. Kalo kanjinya kaga ngarti mah yak sama aja wkwk. Sebenernya ngga banyak tau juga sih hanya meraba-raba dari arti kanjinya. Kalo soal goi yang ditulis pake hiragana mah wassalam cap cup cup tanpa bisa ngeraba artinya wkwk. Ini contoh yang masih inget dan saya cocokin di kamus artinya sih sesuai (kecuali no.6). Ada harapan bener kayakna :')
1. 不安定
2. 別れ
3. 影響
4. 落ち込む
5. 定める
6. 尽くす

Gmn? bisa nebak artinya? Saya sik ngga bisa tau arti pastinya tapi cuma ngeraba-raba dari arti kanjinya. Misal tadi ada soal 別れ (      )、 彼女の言う言葉が聞こえなかった。Pilihannya 間、際,期 sama satu lagi lupa. Saya nebak aja itu maksudnya pasti 別れる時 (waktu berpisah). Terus pernah belajar juga kalo ~際 itu bentuk formal dari ~時. Udah deh pilih 際, pas dicek di kamus eh ada dan artinya ketika berpisah whahaha bahagia. 


文法
Kalo ini beneran pas dah. Nyaris ngga ada yang ngerti. Ada juga cuma satu soal kayakna haha. Sisanya cuma ngeraba-raba asli. Cuma ini nih yang masih inget.
1. ~ませんように

Jadi ada kalimat yang artinya kira kira: Dulu waktu masih kecil, jika keesokan harinya ada acara di luar, sebelum tidur saya selalu berdoa "semoga besok tidak hujan". Yang saya tau kan biasanya ~ないように, tapi adanya ~ませんように. Kalimatnya 「雨が降りませんように」tapi cuma ini jawaban yang kayakna cocok. Pilihan yang lain aneh. Pas dicek ternyata ~ませんように artinya berdoa/berharap agar tidak..... gitu. Baru tau. Mayan lah kayakna bener satu hahay.


読解

Barbar emang dokkai mah yak. Saya ngga selesai euy, tinggal 3 menitan masih ada 3 tipe soal yang belum kejawab. Soal artikel yang medium, yang tipe A B, sama yang artikel panjang. Untuk topik umum sih alhamdulilah bisa ngerti artikel yang di soal itu ngomongin apa, tapi kalo ditanya 内容 (isi) waduh ngga tau inti dari artikelnya itu menitikberatkan pada apa. Tadi sih contoh dokkainya ada tetang arti dari buku dan membaca, memo keterlambatan pengiriman barang oleh perusahaan, artikel tentang 2 tipe kertas percetakan di Jepang, tanggapan orang yang suka nyalahin sekelilingnya, tentang manajemen karyawan atau apa itu yg panjang baget, cuma baca satu paragraf, terus yang pamflet penjualan khusus, ada lagi pengumuman tentang itu penggunaan area parkir kalo ga salah. Ya begitulah. Dan dokkai berakhir dengan ngasal sekitar 9an nomor tanpa liat soal... bye.



Sesi 2 聴解

Sesi ini banyak ngeblank gegara pas kaset mau diputer, saya belum misahin lembar jawabannya nih. Saya coba pisahin kan eh ngga kepotong pas, malah sobek dikit di tengah. Langsung panik, mau bilang tapi CD choukai udah diputer. Udah akhirnya lanjut aja. Di akhir kata petugasnya sih "coba saya konfirm dulu, kayaknya segini mah gpp" jadi agak tenang tapi tetep was-was takut bermasalah. Doakan tetep kebaca yak :(

Ok lupakan masalah LJK sobek, lets move to review.


Menurut saya sih dibilang susah banget ngga, gampang juga ngga wkwk. Harus banyak belajar kosa kata kayaknya. Soalnya ntar kita diminta nyimpulin isi pembicaraan dan agak beda kata-kata yang didenger ama kesimpulan yang ada di kertas jadi harus banyak menguasai kosa kata. Terus coret-coret aja kertasnya bikin memo terutama yang bagian ngomong panjang bgt itu. Ya kali ga dicatet, ntar mah jadi ujian mengingat bukan ujian bahasa wkwkw. Terus tetep fokus, jangan meleng n mikirin yang lain kaya saya tadi yak. Itu aja sih yang jadi catetan saya di choukai kali ini. Jangan ngelkuin kesalahan yang sama yak kaya saya.


Nah itu dia review dari saya, terlalu ngebahas materi dan garing yak? Maklum bukan pelawak. Hanya orang yang serius aja nih yg tertarik baca beginian hoho..


Kesimpulan akhir

Hmm... Kayakna emang kurang banget belajar buat N2nya. Terbukti taddi manajemen waktunya payah dan banyak yang ga bisa. Ok gpp. Di Desember besok bisa balas dendam. Semoga masih diberikan umur, kesehatan, kesempatan dan ilmu yang cukup buat tes Desember besok aamiin :)

Oh iya nanti juga bakal update hasil ujiannya. Semoga kertasnya ngga bermasalah ya :( aamiin


Update 27 Agustus 2019

Hasil ujian sudah bisa dilihat mulai pagi ini jam 08.00 waktu Indonesia atau jam 10.00 waktu Jepang. Dan hasilnya.... 


不合格だった... Haha
Tapi lumayan lah nilainya masih di atas standar minimum. Dan sesuai dugaan choukainya ngaco gegara LJK sebek sedikit.
OK berarti harus ambil tes lagi Desember besok dan harus lulus...

Sampai ketemu lagi di review N2 Desember 2019

Comments