PENGALAMAN CPNS DAN CONTOH SOAL YANG MUNCUL DI CPNS 2018

Assalamualaikum Agan Sis

Apa kabar? semoga sehat selalu ya.

Kan sekarang lagi booming CPNS nih, nah saya pingin bikin postingan terkait CPNS berdasarkan pengalaman saya sendiri nih yng udah pernah ikut 2 kali tapi masih belum rejeki :(

Dari kecil saya selelu pingin jadi peneliti, jadi saya coba daftar LIPI tahun lalu dan gagal di TWK.
Terus saya coba lagi daftar perekayasa di BPPT eh ini malah TKP n TIU ga sampe standar.

Sambil ngerasain nyeseknya ngga lulus CPNS, saya coba bikin post ini biar sobat pejuang CPNS yang belum ujian bisa ada gambaran buat ngerjain soal-soalnya, dan semoga Agan2 dan Sis ngga bernasib sama kaya saya.

OK LET'S START


TES WAWASAN KEBANGSAAN

Dulu di CPNS 2017, tes ini nih yang jadi momok karena banyak nanyain pasal, tanggal, tokoh, peristiwa yang susah buat dihapal. Nah di CPNS 2018 justru TWK jadi yang paling gampang menurut saya. Kok gitu? yap karena yang saya kerjakan kemarin soalnya:

- Ngga ditanya pasal sama sekali. Ada soal pasal tapi disebutin bunyi pasalnya terus kita disuruh mencari penerapannya di kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Ngga ada tanggal bersejarah.
- Jarang banget muncul pertanyaan tokoh. Seinget saya cuma ada satu di soal saya yang tokoh.
- Ngga ada pertanyaan hasil perundingan2 gitu.
- Soal bahasa indonesianya gampang. Ini soalnya mengisi kata yang tepat, memperbaiki kata yang salah, menentukan gagasan pokok, sama menentukan pernyataan yang tepat sesuai bacaan.

Contoh soal yang saya inget nih gan (mohon maaf jika ada kesalahan)

1. Kebhinekaan suku di Indonesia ditunjukkan dalam hal-hal berikut yaitu.....
a. Agama, tradisi, dan bahasa
b. Musyawarah, gotong royong dan persatuan
c. Ras, bahasa, dan agama
d. Kekeluargaan dan kerukunan
e. Adat, tradisi, dan bahasa

2. Peran pancasila di dalam kebhinekaan yang ada di Indonesia yaitu.....
a. Landasan hidup
b. Nilai dasar bernegara
c. Pemersatu perbedaan
d. Jati diri bangsa
e. Sumber hukum

3. Seorang atasan tidak membeda-bedakan perlakuan pada bawahan karena adanya perbedaan suku bangsa. Manakah sikap yang serupa dengan pernyataan tersebut?
a. Seorang pemimpin harus menyelesaikan masalah di lingkungan kerja secara melakukan musyawarah dan mufakat.
b. Pak Anton adalah pejabat tetapi ketika tiba giliran ronda di perumahannya Ia tetap ikut ronda bersama masyarakat.
c. Seorang atasan harus mempersilahkan bawahannya untuk beribadah sesuai dengan keyakinannya.
d. Memberikan tugas kepada bawahan sesuai dengan keahlian dan minat.
e. Tidak melakukan tindakan kecurangan saat bekerja.

Itu yang masih saya inget soal dan pilihannya. gmn? jawaban kalian apa?
Kalo saya mah
1. E. Karena kebhinekaan = perbedaan, keragaman. Suku beragam dalam hal adat, tradisi dan bahasa
2. C. Karena kebhinekaan = perbedaan, keragaman
3. B. Menurut saya ini penerapan sila ke 5, yang ngga membeda2kan dan membaur dengan semua orang.


TES INTELEJENSI UMUM

Ini soalnya mah ngga beda jauh dari taun lalu, bedanya sekarang ada soal yang gambar. Seinget saya sih tahun 2017 ngga ada gambar.

Contoh soal yang saya inget (mohon maaf jika ada kesalahan)

1. 5, 21, 30, 7, 22, 33, 9,__, __
a. 23, 39
b. 24, 27
c. 23, 36
d. 25, 66
e. 23, 35

2. 4,37 + 3/8 × 17,6 – 1,37 =
a. 9,60
b. 8,82
c. 8,62
d. 7,55
e. 6,97

3. Manakah logika gambar yang paling berbeda dari gambar lainnya?
4. Manakah kelanjutan gambar berikut yang memiliki logika yang sama dengan pasangan gambar sebelumnya?



Terus ada soal yang silogisme, ada yag ngitung komposisi bahan, ada yang meja segi empat berdelapan duduknya, ada yang posisi mobil mana kanan kirinya dll.


TES KARAKTERISTIK PRIBADI

Ini dia yang jadi momok CPNS 2018. Soal-soalnya sebenernya ga beda kaya yang di buku-buku tapi ini lebih susah dibedainnya, mana jawaban yang paling bagus susah dicari dan agak sedikit panjang.

Contoh soal yang saya ingat (maaf jika ada kesalahan)

1. Kemajuan teknologi kini berkembang pesat. Berbagai macam media sosial kini telah diguakan untuk mempermudah pertukaran informasi. Dalam dunia kerja media sosial dapat digunakan karyawan untuk mengakses informasi secara cepat. Disisi lain media sosial juga akan memudahkan bocornya informasi ke berbagai pihak. Bagaimanakah tanggapan anda terhadap media sosial dalam dunia kerja?
a. Dalam bekerja media sosial sebaiknya tidak sering digunakan
b. Media sosial sangat penting karena karyawan harus mengakses informasi secara cepat
c. Bagi saya media sosial penting untuk menunjang kinerja
d. Sebaiknya media sosial tidak digunakan dalam dunia kerja
e. Media sosial sebaiknya hanya sesekali saja digunakan
(bingung saya yg ini, akhirnya saya pilih aja C hmmm) Menurut agan dan sis?

2. Anda adalah petugas pengecekan di sebuah bandara. Tiba-tiba ada penumpang yang memotong antrean karena Ia terlambat dan pesawat yang Ia akan tumpangi sebentar lagi akan berangkat. Apakah yang akan anda lakukan?
a. Melayani penumpang tersebut terlebih dahulu dengan memarahinya
b. Melayani penumpang tersebut terlebih dahulu dengan ramah
c. Melayani penumpang tersebut terlebih dahulu dengan mengingatkan penumpang tersebut agar tepat waktu di lain kesempatan
d. Tetap meminta penumpang tersebut mengantre meskipun pesawat yang Ia tumpangi sudah akan berangkat.
e. Mengabaikan penumpang tersebut dan tetap melayani penumpang lainnya berdasarkan antrean
(saya jawabannya D jahat ngga sih?? wkwk)

3. Ketika sedang rapat mengenai penggunaan aplikasi penyimpanan baru yang akan diterapkan di kantor, anda mengetahui bahwa aplikasi tersebut memiliki koneksi yang cepat dan kapasitas yang besar tetapi rawan terhadap kerusakan sistem dan kebocoran data. Rapat tersebut memutuskan untuk tetap menggunakan aplikasi tersebut. Sikap anda yaitu ....
a. Saya tidak akan berkecimpung mengelola aplikasi tersebut karena bukan bidang saya
b. Saya akan bersemangat mengelola aplikasi tersebut dan berusaha memperbaiki kekurangannya
c. Saya akan melakukan pencadangan file untuk berjaga-jaga ketika sistem mengalami kerusakan
d. Saya hanya akan menyimpan informasi yang bersifat umum pada aplikasi tersebut dan menyimpan informasi penting pada media lainnya
e. Saya kurang bersemangat mengelola aplikasi tersebut karena saya sudah tau kekurangan dari aplikasi tersebut.
(saya milihnya apa ya .....yang B kayakna, munafik banget ngga sih wkwk)

Yap segitu lah kira2 soal yg masih saya ingat

Mimin nilanya kemaren berapa?
Saya nilainya kemaren TWK TIU TKP 120 75 139 alias gagal di TIU dan TKP. Kemaren dilamain di TKP karena banyak yg gagal disitu, eh TIU kehabisan waktu deh dan tetep TKP ngga lulus haha. Woles lah yang penting sekarang saya berbagi pegalaman biar Agan dan Sis ngga kaya saya.

Yap kurang lebih itu dia soal yang masih saya inget di CPNS 2018 kemarin, kurang lebih mohon maaf. Doakan mimin semoga bisa lolos di tahun depan (kalo ada CPNS) atau diberikan pekerjaan yang lebih baik lagi. Sempatkanlah untuk mengucapkan aamiin untuk mimin yang gagal ini.

Terima kasih sudah mampir
Sampe ketemu lagi di review pengalaman berikutnya!


Comments

Post a Comment