Kelas Jepang 4 di LBI UI



Assalamualaikum guys

Hari ini saya baru aja kelar UAS di kelas jepang 4 dan pingin berbagi pengalaman tetang gimana sih belajar bahasa Jepang level 4 di LBI UI. Penasaran? cekidot


FASILITAS
kita mulai dari fasilitas ya guys. Di Jepang 4 ini saya ngerasa fasilitas yg disediain oleh pihak LBI sudah lebih dari cukup guys. Kok gitu? iya lah ini nih kenapa saya bilang lebih dari cukup.

Ruang kelas nyaman dan fasilitas lengkap. Di kelas ada AC (sampe menggigil), LCD proyektor, dan sound. Jadi enak pembelajarannya bisa audio visual jadi ngga bakal bosen. Kemarin waktu minggu pertama masuk, kelasnya masih yg biasa dan masih duduk di kursi kaya kuliahan gitu yang satu kursi ada mejanya kecil. Nah ga tau kenapa dipindah ke ruangan yang lebih bagus. Jadi ada kursi, terus ada meja yg agak gede, jadi lebih leluasa. katanya sih ini kelas elit buat yang program TOEFL dan ILTS wkwk. Oya, posisi sensei juga deket sama kita jadi lebih bisa akrab gitu, ngga kaya kelas gede yang isinya puluhan orang. Kaya gini nih kelasnya. Sebenernya ngga wah2 banget kok hehe.



Buku Teks. Buku yang dipake disini itu Minna no Nihongo (Japanese and Translation) dan Basic Kanji Book guys, dan semuanya ori. Masih inget bgt karena saya baru masuk LBI, saya langsung dikasih banyak bgt buku. Berat banget cuy, tapi ngga seberat beban hidup sih wkwk. Oke ini dia bukunya.


Selain buku ntar juga bakal dikasih latihan lagi berupa fotokopian. Buku aja udah banyak, ini ditambah lagi. Biar makin pusing, eh makin jago maksudnya..



STAF PENGAJAR
Kalau menurut saya staf pengajarnya profesional di bidangnya. Kelas kami diajar oleh 2 orang sensei. Satu orang ahli di bidang linguistik dan satu orang ahli di bidang seni jepang modern. Jadi ada dua sesi dan dua pengajar yang beda dalam satu hari. Selain materi, sensei juga sering ngebahas budaya orang2 jepang dan pengalaman mereka terkait sama materi yg lagi dibahas jadi ga melulu materi. Lelah otak dari pagi sampe siang kalo materi doang.



MATERI
Di Jepang 4 materi yang dipelajari yaitu Minna no Nihongo bab 23-29 dan Basic Kanji bab 11-15. Masing masing bab ntar ada beberapa pola kalimat dan satu bab kanji ada beberapa kanji yang bakal dipelajari. Kalo saya itung nih di jepang 4 ntar bakal belajar 18 pola kalimat, 59 kanji, dan banyak kosa kata baru. Lumayan lah dalam waktu 3,5 bulanan.



SISWA
Di sini siswa les didominasi anak kuliahan dan ada beberapa anak SMA. Meskipun saya udah lulus kuliah ya ngga beda2 jauh lah. masih bia menyesuaikan, masih umur 20an ini hehe :)


UJIAN
Ya kaya kuliahan gitu disini juga ada UTS, UAS, kuis, dan tugas. Oya ujian disini itu semua kemampuan kita bakal diuji. Yap ntar ada ujian lisan (kaiwa), menyimak/mendengar (choukai), tata bahasa (bunpo), bacaan (dokkai), dan kanji yang dilengkapi ujian cara baca dan cara tulis kanji... wadaw. Dan jangan harap ujiannya bakal selembar dua lembar doang. Disini ujiannya bisa sampe 6-7 halaman bolak balik. Kebayang dong ujiannya bakal ada 12an lebih halaman. Tapi tenang kan ntar ada sesi2 gitu ga langsung brek. Yang langsung paling bunpo, dokkai dan kanji wkwk.


KELULUSAN DAN SERTIFIKAT
Ntar di akhir kita bakal ditentuin guys lulus apa ngga di level ini. Kalo nilai kita ≥  60 (C), kita bisa lulus dan lajut ke level 5. Kalo ngga ya ngulang ckckck. Ntar juga bakal ada rapor nilai dan yang spesial di level 4 ini, ntar kita bakal dikasih sertifikat karena telah lewat level dasar 1 (Shokyuu 1) maksudnya kita udah menuntaskan satu seri buku Minna no Nihongo.

Rapor nanti isinya nilai kita di berbagai aspek kaya huruf, tata bahasa, kemampuan menyimak, kemampuan memahami bacaan, dan kemampuan berbicara. Ada juga komentar sensei sama hasil kita. Kalo saya kemaren sih dikomen katanya harus banyak denger sama ngomong karena nilai choukai sama kaiwa saya masih kurang bagus. Nah ini dia rapor jepang 4 saya.



Warning : jangan nyepelein tugas, quis, dan ujian. Jangan berpikir ah pasti lulus, senseinya baik kok. Tetep berusaha sebisa mungkin memahami materi ya, karena ternyata kelas saya ada 3 orang yg ga lulus. Sedih, saya kira bakal lulus semua :(


KEKURANGAN
Di mana ada kelebihan di situ ada kekurangan. Kalo menurut saya kekurangan di fasilitas itu toilet yg sempit dan cuma ada 2 doang di lantai tempat saya les. Terus di kelas sinyal HP ilang atau lemah parah. Ngga tau kenapa kalo pas keluar dari pintu gedung langsung ada siyal lho wkwk. Terus ngga dipertemukan sama native speaker kaya waktu kursus di IPB, padahal kan UI banyak student exchange dari Jepang. Its ok, setiap kampus punya kebijakan sendiri. Lanjut, kalo untuk pengajar kadang terlalu linguistik njelasinnya karena mungkin biasa sama anak2 sastra jepang, hmm kita mah apa wkwk. Tapi tenang, senseinya bakal nyari alternatif kok gmn caranya biar kita paham :)

Untuk info lebih lanjut silahkan cek website LBI FIB UI di SINI

Itu aja sih cerita dari saya, ntar kalau ada yang kurang saya tambahin lagi.
Hatur nuhun udah mampir. Arigatou Gozaimashita! Mata kondo ne.

Comments