Pengalaman Daftar Kursus Bahasa Jepang di LBI UI

Sumber: http://static.panoramio.com

2018年3月24日 (土)
Assalamualaikum wr wb. 

Apa kabar? 
Semoga sehat selalu. Ok sekarang saya bakal cerita mengenai pengalaman daftar kursus bahasa Jepang di Lembaga Bahasa Internasional (LBI) UI. 

Melanjutkan perjalanan kursus di IPB sekarang saya mencoba kursus di UI karena jadwal saya mengajar sangat mepet dengan kursus di IPB jadi telat terus setiap hari. Nah di LBI UI ternyata menyediakan kelas sabtu pagi, tunggu apa lagi... Sikat. 


PENDAFTARAN 

Hal pertama sebelum mendaftar adalah kita harus tau dulu gimana program belajarnya, kapan dibuka pendaftaran, syarat dan prosedurnya bagaimana, dll. Nah semua itu ada di website LBI UI. Nanti akan ada brosur pdfnya. Oh iya ada beberapa hal nih yang perlu diperhatikan sebelum ikut program belajar:


Perhatikan Term Belajar 

LBI UI ngga sembarangan membuka pendaftaran gan, ada term atau periodenya gitu. Jadi agan2 harus tau mau belajar di bulan apa dan kapan harus daftar. Jangan kaya saya, mau les bulan Januari eh baru cek website bulan Desember akhir, ya udah tutup :( nunggu 4 bulan deh buat ikut term berikutnya aaaaarg.. 

Ada 3 term yang saya tau yaitu:
Term 1. Januari. Pendaftaran bakal dibuka sekitar November-Desember tahun sebelumnya. 
Term 2. Mei. Pendaftaran dibuka sekitar Maret - April. 
Term 3. September. Pendaftaran dibuka sekitar Juli - Agustus. 


Kuota

UI menerapkan first come first service gan, jadi yang daftar duluan lah yg bakal bisa masuk kelas les. Kalau kuota kelas sudah penuh yah bakal ditutup walaupun masa pendaftaran masih dibuka. Jadi pas pendaftaran dibuka, langsung dateng di hari pertama hehe grecep yak gan.

Apa aja yang harus dibawa saat daftar?
1. Fotokopi kartu identitas (KTP, KTM, Kartu Pelajar, SIM, dll)
2. Uang pendaftaran
3. Bawa diri hehe

Nanti bakal dikasih form, terus ya isi aja. Untuk bahasa Jepang ntar dikasih pilihan mau ikut placement test atau ngga. Kalau ngga otomatis masuk ke level dasar 1. Saya kemarin coba placement test, kaga mau ngulang belajar dari awal, maunya langsung yang ekspert (wahaha sombong kali). Ngga... maksudnya ya ngga dari awal banget, soalnya saya udah pernah belajar sebelumnya :)


PLACEMENT TEST

Setelah daftar akan ada penjadwalan placement test. Biasanya setiap Jumat sore jam 15.00. Kita harus sesegera mungkin ambil tesnya, supaya kuota buat kita masih ada. Ngga lucu kan gara-gara tesnya nanti-nanti eh kuota kelas udah full duluan.

Waktu saya pilih placement test, ditanya udah pernah belajar berapa lama, saya jawab 4 bulan di tempat les (aslinya mah belajar sendiri di kosan ada kali setahun mah). Jadi waktu placement test dikasih soal TEST 1 untuk yg pernah belajar bahasa Jepang < 150 Jam.

Soal placement test bahasa Jepang kaya gimana gan?
Ok, untuk test kemarin saya menghadapi 6 tipe soal.

1. Baca hiragana dan katakana.
Gampang ini mah haha. Tapi ada satu kana yg jarang dipake tapi keluar. Saya bingung (sombong si jadi gini haha). ぢ muncul oy. Chi dikasih teng teng apaan bunyinya. Mau nulis ji, tapi biasanya ditulis じ. Akhirnya saya tulis zi. Bego parah sumpah haha. Ternyata emg bacanya ji. Ok bye.

2. Menjawab pertanyaan seputar biodata diri. Agan-agan pasti bisa yang ini.

3. Partikel
Yap tar ada yg bolong-bolong, kita disuruh isi dengan partikel. Hati-hayi ketuker ya gan. Saya juga sering ketuker, maklum cowo, kurang teliti.

4. Angka
Kita suruh baca angka, misal 18歳 dibacanya juuhassai. Gitu. Hati-hati ya gan sama angka yang labil wkwk, maksudnya yang berubah mengikuti satuan di depannya.

5. Kata kerja bentuk て
Wadaw, pertahanan saya mulai goyah. Saya ga terlalu hafal perubahan bentuknya. Tapi setelah diingat2 akhirnya muncul juga di otak hehe.
Paling males kalau yang huruf dicekat, suka bingung ite atau itte misalnya, hmm.

6. Translate
Yap, ntar ada cerita bahasa Indonesia kita disuruh translate bahasa Jepang. Tenang, kosa katanya ngga susah-susah amat kok. Sedikit susah aja.. Sedikit :'(
Ini nilainya paling gede gan.

Oya, tes kanji ga ada ternyata. Sempet kecewa sih, padahal kanji N5 udah lumayan hafal (nyombong lagi, astagfirullah baru N5 juga). Hehehe maaf ya, aslinya ga sombong kok biar rame aja tulisannya. Lebih baik mengolok-olok diri sendiri daripada mengolok2 orang hehe.

Ntar hasil placement testnya bakal diumumkan 2-3 hari kerja. Cepet kok.

Soal yg agan dapet mungkin akan beda dengan saya. Mungkin ada banyak tipe soal. Ya namanya juga sekelas UI bro. Pasti banyak antisipasi soal.


Placement Test Lanjutan

Pas nunggu-nunggu hasil tes penempatan, eh ada yg nelpon dari pihak LBI katanya bakal ada wawancara. Yaudah saya dateng lagi ke LBI UI. Eh ternyata itu tes lanjutan. Saya dinyatakan bisa masuk level 3. Buat tau saya bisa lebih apa ngga ternyata ada tes lanjutan.

Dan tesnya
Susah gan.... Arg...

1. Kanji
Saya udah familiar sebenernya, tapi banyak yg lupa. Alhasil cuma setengah aja yg yakin kejawab bener :(
Sombong sih waktu placement yg ke-1 jadi gini (pelajaran, ga boleh sombong).
Kanji yg diujiin mulai dari kanji N5 sampe ada tuh berapa biji kanji N3. Kebanyakan N4 guys, yah saya baru belajar N4 kanji yg awal2 yaudah wassalam haha..

2. Pola Kalimat
Soal dilanjutkan pola kalimat dengan 2 kata sifat.
Saya mah kalo tau bakal ujian bisa belajar lagi. Ini mah pasrah udah.. Bye

3. Partikel
Soal lalu dilanjut isi titik titik.. dilanjut partikel juga. Yang ini sumpah lebih susah. Susah ngga tau apa artinya jadi juga ga tau apa partikel yg harus saya sematkan. Yaudah belajar lagi.

4. Honyaku
Yap seperti biasa soal akan ditutup dengan honyaku alias nerjemahin. Ini susah, susah ngatur tata bahasanya broh. Alhasil tulis aja yg penting keisi. Siapa tau ada upah nulis haha.... Ngarep.

Mantap jiwa soal yang ini bung. Dan hasilnya saya ditempatkan di level Dasar 4.

Itu dia pengalaman saya ikut pendaftaran dan  placement test di LBI UI.

Kalau ada pihak LBI UI yg baca postingan ini mohon maaf jika ada salah informasi. Maaf juga kalau berbagi pengalaman ini' dibilang membocorkan kisi-kisi tes. Soalnya ga ada instruksi tidak boleh membocorkan soal (saya ngga ngasih soalnya kok mas mba cuma seperti apa yang muncul). Ini murni berbagi pengalaman saja. Jangan diblacklist ya mas mba, saya mau les bener-bener di LBI UI :'(

Ok sekian postingan tentang pendaftaran dan placement test bahasa Jepang. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Akhir kata
Wassalamualaikum wr. wb. 

Comments

  1. Test wawancara nya menyangkut apa kak? Kegiatan sehari2 atau apa? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang term II kemarin saya ngga dites wawancara. Di awal sih pihak LBI bilangnya ada. Mungkin placement test ke-2 saya nilainya jelek jadi level saya bisa langsung ditentuin. Kalau misalnya placement test ke-2 ini bagus ntar ada lagi placement test ke-3 gitu sih setau saya.

      Delete
  2. Sekarang masih kursus di UI? Level apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di UI intermediatenya
      selesainya sampe level 4 bukan sih? Trus buku yang dipake di level intermediate buku apa?

      Delete
    2. Ada 6 level kalo ga salah intermediate. Level 1-3 pake minna no nihongo chuukyuu 1 terus 4-6 minna no nihongo chuukyuu 2. Kalo kanjinya masih pake basic kanji book vol 2

      Tapi kebanyakan di UI mentok sampe level 3 aja intermediatenya. Abis itu ga pada lanjut.

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment